Shalat Berjamaah.

Taukah teman-teman bahwa ada sebuah amalan yang sangat dijunjung oleh Nabi Muhammad SAW?
Taukah teman-teman bahwa amalan ini sangat penting?
Taukah teman-teman amalan apakah itu?

Itulah adalah Shalat, bukan sekedar shalat tapi Shalat secara berjamaah.
Sebelum lebih jauh penasarannya , mari kita telisik secara bertahap.

Shalat adalah salah satu rukun iman yang kegiatannya dimulai takbiratul ihram hingga salam secara teratur. Shalat merupakan ibadah yang sangat spesial, kenapa bisa sangat spesial?
Karena shalat merupakan ibadah yang diterima oleh Nabi Muhammad SAW langsung dari Allah SWT tanpa perantara Malaikat Jibril. Ibadah yang diterima Nabi Muhammad SAW bukan di Bumi tapi di atas Langit ke 7. Ibadah yang sangat spesial. Ibadah yang dianggap sebagai hadiah atas ketabahan Nabi Muhammad SAW menjalani tahun kesedihannya, ditinggal pelindung paling disayangi, Khadijah dan Abu Thalib. Tahun Kesedihan.
Lalu kenapa banyak umat Muslim yang meremehkan ibadah ini?
Tidak tahukah bahwa, Allah SWT telah meringankan ibadah ini 50 x dari seharusnya. Karena Nabi sebelum Muhammad SAW masih belum yakin akan umat Nabi terakhir ini apakah sanggup menjalaninya apa tidak. Padahal Nabi sebelum Muhammad SAW mengetahui bahwa umat Nabi Muhammad akan masuk surga lebih dulu dibanding umat Nabi dan Rasul lainnya.
Shalat yang hanya  5 (lima) waktu sehari semalam terasa sangat berat. Bahkan tanpa beban mereka tinggalkan. Masih adakah iman barang setitik didalam hati mereka. Pertanyaan bagi semua umat Muslim seluruh dunia. Terlebih bagi seorang laki-laki tidak ada yang dapat membuatnya berhalangan shalat kecuali, belum baligh, menjadi Gila, Murtad, dan Meninggal.
Wahai lelaki, di manapun berada tidak malukah dengan cerita seorang kakek yang lumpuh kakinya, harus menyeret tubuhnya untuk shalat?.
Indonesia, negara dengan penduduk Muslim terbanyak di dunia seakan menjadi bulan-bulanan kaum Kafir. Muslim dipermainkan dengan sesuka hati, diberikan kesenangan dunia yang tidak seberapa. Muslim dihinakan seakan bukan sebagai manusia. Lalu di mana yang lain, kebanyakan terbangun tapi tertidur, kebanyakan hidup tapi mati, kebanyakan kaya tapi miskin. Itulah keadaan saat ini.
Terlepas dari kekurangan umat Muslim saat ini, bagi yang sudah rutin shalat lima waktu, mari kita perkuat lagi dengan shalat secara berjamaah di awal waktu.

Sebuah hadits menyebutkan:
Imam al-Bukhari ra berkata: Telah menceritakan kepada kami Abdullah ibn Yusuf yang berkata: Telah mengabarkan kepada kami Malik, dari Nafi’, dari Abdullah ibn Umar ra, bahwa Rasulullah saw bersabda:
Shalat berjama’ah lebih utama dibandingkan shalat sendirian dengan dua puluh tujuh derajat.

Setelah memahami hadits di atas bahwa shalat sangat, sangat, sangat baik dilakukan dengan berjamaah dibanding shalat sendiri. Shalat berjamaah ada banyak sekali keuntungannya antara lain;
  1. Mendapat pahala 27 x lebih banyak
  2. Lebih mempererat tali persaudaraan
  3. Jauh dari kemalasan.
Itulah sebagian keuntungan shalat berjamaah. jadi apalagi yang ditunggu wahai kamu yang mengaku Muslim. Perlukah kita mendengar seorang yang buta, yang minta keringanan untuk shalat sendiri kepada Rasulullah, lalu Rasul menolaknya karena orang tersebut masih bisa mendengar seruan azan dari rumahnya. Ambilaah ibrahnya dari sahabat tersebut.
Apakah terasa berat melangkahkan kakimu ke Masjid atau Mushala sementara kakimu tidak tersa lelah setelah seharian diajak berlari mengejar bola. Terasa beratkah badanmu beranjak dari empunya kasur sementara terasa ringan saat badanmu mendatangi taman hiburan?. Pertanyakan kembali hatimu.
Taukah bahwa kaum Yahudi dan Kafir  sangat takut saat umat Muslim berombongan (Beramai-ramai-red) datang ke Masjid atau Mushala menunaikan shalat berjamaah?
Lebih dari itu tidak ada kelemahan yang patut dibanggakan. Mari Semagat shalat berjamaah.
Ajak semuanya, Mari Berjamaah.
(MRR)

Komentar

  1. Bagus Ridho tulisannya. Syahdu dan tenang gitu kesan saat bacanya. hhe. Mungkin judulnya aja yang dibuat bikin greget. Jadi orang-orang lebih tertarik. Karena pembahasan tentang shalat berjama'ah sudah sering didengar. Wah, gak nyangka dah lama juga ngeblog. Sering-sering di share Dho.

    BalasHapus
  2. terima kasih kak.
    takut ngeshare, takut ngecewain pembaca

    BalasHapus
  3. Hha... Kayaknya peh samping nih.. he
    Gak apa-apa yang penting ada usaha untuk menebarkan manfaat. Minimal untuk diri sendiri :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEGANGAN (YIELD)

Pitting, Intergranular dan Selective Corrosion.

tool steel (baja perkakas)