Etika muammalah

(ACENews. Com) 25 Maret 2016 . ACE (Aceh Center of Excelent ) mengadakan kajian mengenai Etika dalam Muammalah (Muammalah Maaliyah) . Bertempat di markaz dakwah, para peserta ikhwan (laki-laki) dan akhwat (perempuan)terlihat antusias dalam mengikutinya.
Kajian diisi oleh ust Yasir dengan pemaparan yang sangat lugas,  jelas,  dan terarah.  Materi yang sangat penting bagi seorang muslim,  ketika harus berinteraksi dengan muslim atau non muslim lainnya.
Diantara yang bisa kita petik dari kajian yang disampaikan oleh ust Yasir antara lain.
1. Al Quran telah mengajarkan bahwa Islam adalah agama yang syumul atau sempurna. Hal ini dapat dilihat dari QS Al Maidah  ayat 3.
2. Bahwa kajian mengenai muammalah sangat jarang disampaikan oleh para ust.  Padahal dalam Al Quran lebih dari 10 tempat mengenai bab muammalah ini.  Lebih banyak dari bab Aqidah.
3. Dalam muammalah (jual beli,  utang piutang,  interaksi,  bahkan hingga masalah berhenti lampu merah) adalah hal yang patut di sampaikan dan dikaji.
4. Setiap muammalah yang kita lakukan adalah senantiasa sebagai rasa syukur pada Allah dari ketidak mampuan kita dalam hal ini.
5. Setiap rezeki yang kita dapatkan adalah sebagai penambah keimanan kita pada Allah.  Ambil ibrah pada kisah nabi Sulaiman dan kisah Qarun.
6. Rukun ukhuwah dalam bermuammalah lebih diutamakan untuk kemashlahatan yang lebih besar. Bukankah nikmatnya ukhuwah adalah  satu2nya nikmat yang Allah firmankan dalam AL Quran.

Setiap insan manusia pasti tidak akan terlepas dengan yang namanya interaksi karena manusia adalah makhluk sosial.  Namun sebagai hamba Allah yang memiliki tanggung jawab, tentunya dalam interaksi dipastikan ada batasan2 yang merujuk pada Quran dan Al Hadits.

"para peserta terlihat antusias untuk mengikuti acara, terlihat dengan banyaknya pertanyaan setelah pemateri selesai memaparkan" kata Dekar selaku ketua panitia.

Lanjutnya,  acara kajian seperti ini harus sering dilaksanakan untuk meningkatkan kafaah masyarakat.

(pantauan reporter ACE,  MRR)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEGANGAN (YIELD)

Pitting, Intergranular dan Selective Corrosion.

tool steel (baja perkakas)