Resume Buku " KOMITMEN MUSLIM SEJATI" FATHI YAKAN part 1

             Buku karangan Fathi Yakan, Seorang Ulama Timur Tengah, ini mengandung makna yang dalam. Buku yang ditulis kali ini terbagi menjadi dua bagian, bagian pertama mengandung paparan karakteristik dan konsekuensi bila mengaku sebagai Muslim dan bagian kedua  mengandung paparan dalam pemilihan afiliasi gerakan yang baik dalam aktifitas dakwah.
                Buku Komitmen Muslim Sejati merupakan buku yang wajib di baca bagi kalangan aktifis dakwah, karena sejatinya merekalah yang akan memberikan pencerahan Islam yang telah digelapkan oleh orang orang yang ingin memadamkan Islam.
                      Pada bagian pertama terdapat judul " Apa Artinya Saya Mengaku Muslim?" merupakan jawaban yang berupa konsekuensi atas pilihannya bukan hanya sekedar klaim terhadp identitasnya, atau juga bukan sekedar Muslim karena dilahirkan oleh orang tua yang Muslim. Untuk itu ada beberapa karakteristik yang berupa konsekuensi atas pengakuan tersebut.
      1. Saya Harus Mengislamkan Akidah Saya.
           Konsekuensisnya : a. Saya harus menyakini bahwa pencipta alam ini adalah Allah SWT.
                                        b. Saya harus menyakini  Allah SWT tidak menciptakan alam ini secara sia2.
                                        c. Saya harus menyakini Allah SWT telah mengutus Rasul dengan kitab-kitabnya,
                                        d. Saya harus menyakini bahwa tujuan keberadaan manusia utk mengenal Allah.
                                        e. Saya harus menyakini adanya balasan yang adil bagi setiap manusia.
                                        f. Saya harus menyakini bahwa segala ikhtiar akan kembali kepada Allah.
                                        g. Saya harus menyakini bahwa menetapkan Syariat Islam adalah hak Allah.
                                        h. Saya harus mengetahui nama dan sifat Allah SWT.
                                        i. Saya harus bertafakkur mengenai ciptaanNya bukan Dzat Nya,
                                       j. Sifat Allah yang termaktub dalam Al-Quran dituntut kesempurnaanya.
                                      k. Saya harus menyakini bahwa pendapat para salaf lebih utama
                                       l. Saya harus menyakini Allah tanpa mempersekutukannya.
                                      m. Saya takut Kepada Nya, dan tidak takut selain Nya.
                                      n. Saya harus mengingatNya dan senantiasa selalu mengingatNya,
                                      o. Seya harus mencintaiNya dengan selalu merindukanNya.
                                      p. Saya harus senantiasa menggantungkan segala hanya kepada Allah SWT.
                                      q. Saya harus bersyukur terhadap segala nikmaNya.
                                      r. Saya harus senantiasa ber istigfar dan senantiasa beristigfar.
                                      s. Saya harus menyadari muraqabah (pengawasan) Allah SWT.

       2. Saya Harus Mengislamkan Ibadah Saya.
           Konsekuensinya : a. Ibadahku harus Hidup dan Tersambung  kepada ma'bud.
                                      b Ibadahku harus khusyuk.
                                      c. Dalam Beribadah, hati harus selalu hadir dengan melepaskan duniawi.
                                      d. Dalam beribadah kita harus tamak, tidak pernah puas.
                                      e. Saya harus memiliki keinginan yang besar untuk Qiyamulail.
                                      f. Hendaklah saya mempunya waktu untuk merenungkan Al-Quran.
                                     g. Doa merupakan tangga bagiku dalam segala keadaan.
  
       3. Saya harus Mengislamkan akhlak saya
            Konsekuensinya : a. Bersikap Wara terhadap syubhat
                                       b. Menahan pandangan (Ghadul Bashar)
                                       c. Menjaga lidah.
                                       d. Malu
                                       e.Pemaaf dan Sabar
                                       f . Jujur
                                       g. Rendah Hati
                                       h. Menjauhi pransangka, Ghibah, dan mencari cela sesama Muslim.
                                       i. Dermawan dan Pemurah
                                       j. Menjadi teladan yang baik.

      4. Saya harus Mengislamakan keluarga dan Rumah Tangga Saya.
          Pada sebuah Hadist Rasul " Barangsiapa bermalam sedangkan ia tidak memperhatikan urusan kaum Muslimin, maka ia bukan bagian mereka". Selanjutnya muncullah tanggung jawab untuk membentuk masyarakat Muslim, langkah pertama untuk itu hendaklah rumah tanggaku menjadi rumah tangga yang Muslim terlebih dahulu.
             Karena itu tugas pertama bagi seorang Muslim setelah dirinya sendiri adalah bertanggung jawab terhadap keluarga, rumah tangga, dan anak-anak nya.

      5. Saya Harus Mengalahkan Nafsu Saya
           Konsekuensinya : a. Saya harus mengetahui Sifat-sifat manusia.
                                      b. Saya harus mengetahui perangkat untuk mengalahkan hawa nafsu.
                                      c. Saya harus mengetahui indikasi kekalahan akhlak
                                      d. Saya harus mengetahui sarana membetengi dari godaan setan

      6. Saya harus Yakin bahwa Masa Depan adalah Milik Islam.
         Faktor-faktor yang membuat keyakinan. 
                                       a. Rabaniyah Manhaj Islam
                                       b. Universalitas Manhaj Islam
                                       c. Elastisitas Manhaj Islam
                                       d. Kelengkapan Manhaj Islam.
                                       e. Keterbatan Sistem-sistem Wadhaniyah.

     
               Bagian kedua buku ini memaparkan seyogyianya bagaimana karakteristik seorang Muslim. Yang kemudian ia memahami bahwa setiap langkah yang ia jalankan untuk agamanya adalah sebuah lahan untuk selalu memberikan yang terbaik terhadap Islam. Selanjutnya akan dibahas pada Post mendatang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEGANGAN (YIELD)

tool steel (baja perkakas)

Pitting, Intergranular dan Selective Corrosion.