Motor Listrik


Sejak zaman romawi kuno , manusia telah menemukan sebuah teknologi berupa motor uap yang didapat dari perkembangan ilmu pengetahuannya.Lalu seiring perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin canggih motor listrik pada zaman modern telah berkembang dengan sangat cepat.Dengan adanya motor listrik telah membuat pekerjaan manusa semakin efesien dan cepat. Motor listrik yang dapat mengubah energy listrik menjadi energi mekanik.
            Adalah Michael Faraday pada tahun 1820,ilmuwan asal Inggris yang menemukan bahwa suatu benda dapat bergerak dengan adanya aliran listrik melalui percobaannya dengan sebuah kompas yang berisi sifat magnet dapat terus berputar setelah sebuah kawat yang dialairi listrik di dekatkan.Inilah skema pertama cikal bakal motor listrik.
            `Zaman yang terus berubah menuju zaman global membuat semakin terkurasnya bahan bakar fosil seperti minyak membuat para petinggi di Inggris semakin gerah , sehingga ilmuwannya perlu untuk mengembangkan  sebuah kendaraan yang dapat berjalan tanpa bahan bakar minyak.
            Sejak dipatenkan motor listrik pada 1860 sejumlah perusahaan mulai memproduksi dan mengembangkan motor listrik, dimulai oleh perusahaan Ransomes meneliti penggunaannya, lalu terjadinya krisis bahan bakar minyak di Eropa membuat perusahaan Socovel memproduksi 400 motor listrik.Namun pada tahun 1967 seorang bernama Karl Kordesch membuat motor listrik bertenaga surya pertama.Beberapa tahun kemudian para penemu mulai berlomba-lomba memproduksi motor listrik dengan berbagai model dan dengan kecepatan tertentu.Hingga pada tahun 2007 di Indonesia terbentuklah suatu komunitas pengguna motor listrik.


            Inilah perjalanan panjang motor listrik:
* Akhir 1860: Referensi pertama tentang sepeda motor listrik dipatenkan.
  • 1911: Menurut Popular Mechanics article sepeda motor listrik telah tersedia.
  • 1920: Perusahaan Ransomes, pembuat forklift, meneliti penggunaan motor bertenaga listrik.
  • 1941: Krisis bahan bakar di Eropa mendorong perusahaan Socovel dari Austrian membuat sepeda motor listrik kecil. Saat itu kendaraan yang dibuat berjumlah sekitar 400 buah.
  • 1946: Terinspirasi oleh kelangkaan BBM dari masa Perang Dunia II, Merle Williams menciptakan kendaraan listrik pertamanya. Kemudian beliau mulai memproduksi kendaraan ini di garasi rumah dan bisnis ini terus bergulir hingga akhirnya menjadi Perusahaan dengan nama Marketeer.
  • 1967: Sepeda motor listrik bertenaga surya pertama berhasil dibuat oleh Karl Kordesch.
  • 1967: Sepeda motor listrik bertenaga ringan dengan nama "Papoose" dibuat oleh sebuah pabrik sepeda motor suku Indian di Springfield , Massachusetts, dibawah pengarahan Flyod Clymer.
  • 1973: Mike Corbin membuat sepeda motor listrik pertamanya dengan rekor kecepatan 162km/jam.
  • 1974: Corbin-Gentry Inc. memulai penjualan sepeda motor listrik secara legal.
  • 1978: Harley Davidson MK2 bertenaga listrik dibuat oleh Transitron di Honolulu, Hawaii.
  • 1988: Eyeball Engineering membuat sepeda motor listrik KawaSHOCKi and produk ini menghiasi majalah-majalah utama saat itu.
  • Akhir 1990: Scott Cronk dan EMB membuat sepeda motor listrik dengan nama EMB Lectra VR24. Pelopor untuk jenis variable reluctance motors (VR) dan dijual secara resmi.
  • 2000: Killacycle mencatat rekor 244.62 km/jam pada Woodburn Drags 2000, OR.
  • 2004: Tanggal 24 August Honda membuat sebuah percontohan motor hibrida 50cc yang diberi nama Honda Numo. Percontohan ini membawa Honda selangkah lebih dekat kepada jenis sepeda motor hibrida yang dapat diproduksi secara massal.
  • 2007: Sebuah tonggak bersejarah bagi negara Indonesia, Komunitas Kendaraan Listrik telah terbentuk, mendahului komunitas serupa di negara-negara tetangga kita.
  • 2007: Melalui Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Nurachman, dan Kabag Registrasi dan Identifikasi Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Giri Purwanto, Pemerintah Indonesia pertama kali mengemukakan pendapat kepada media mengenai keberadaan kendaraan listrik.
  • 2007: Killacycle membuat sebuah sepeda motor listrik bertenaga Li-Ion dan dengan kecepatan 250.7km/jam di Phoenix, AZ pada AHDRA 2007.
  • 2008: Sebagai komponen utama dari kendaraan listrik, maka prototype Super Charge Ion Battery (SCiB) dari Toshiba merupakan terobosan yang luar biasa. Baterai ini memiliki kemampuan isi ulang di bawah 5 menit serta memiliki umur pakai sampai 10 tahun!
  • 2008: Sepeda motor listrik TTX01 muncul di Birmingham International Motor Show dengan kemampuan mencapai 60 mph hanya dalam waktu 3.5 detik.
  • 2010: Kendaraan Listrik memecahkan rekor baru, yaitu untuk pertama kalinya kendaraan ini berhasil menempuh 624 mil hanya dengan satu kali charging/isi baterai.
  • 2010: Setelah tiga tahun di Indonesia, akhirnya pemerintah membuka mata atas kontribusi kendaraan listrik. Melalui Kepala Sub Direktorat Sarana Angkutan Jalan Direktorat LLAJ Kementrian Perhubungan, Ir M Tansil, mengusulkan sepeda listrik sebagai pengganti kendaraan roda dua atau motor.
  • 2011: Direktur Utama PLN Dahlan Iskan menyatakan PLN mencari satu pulau yang bisa dijadikan tempat uji coba kendaraan listrik tersebut. Jadi, satu pulau 100 persen memakai kendaraan listrik.

Bumi yang semakin tidak terkendali seperti akibat global warming hingga isu semakin langkanya minyak mentah dunia sehingga harga minya dunia meroket, membuat perusahaan kendaraan harus mengembangkan suatu kendaraan hibrida yang nyaman dan aman salah satunya motor listrik.Motor listrik dijalankan dengan dynamo dan akumulator, namun seiring pengetahuan terciptalah sebuah baterai sehngga dapat menambah jarak tempuh.Jarak tempuh terbaru untuk Indonesia yaitu 80 km dengan kecepatan 60 km/jam hanya butuh dana Rp.900. Akumulator dapat terisi setelah 8 jam dan dapat diisi sebelum habis.
Di Eropa sebuah perusahaan Piaggio meluncurkan sebuah kendaaraan hibrida berkapasitas 300cc dan konsumsi bahan bakar, 300ie bisa menempuh 60 km dengan 1 liter bensin, sedangkan yang versi bensin 30 km/liter. Emisi terendahnya 40 g/km, jauh di bawah rata-rata yang 90 g/km. Lain di Jerman, 3 pabrik besar bersaing untuk menciptakan kendaraan berteknologi hijau, dimulai dari Audi yang menciptakan kendaraan dengan mengurangi jumlah silinder, lalu ada Marcedes berteknologi idle-stop  sebagai kelengkapan standar berkonstribusi mencetak konsumsi bahan bakar 17,5 km/liter dan emisi CO2 hanya 149g/km.Lain Marcedes lain BMW, mereka  mengembangkan teknologi diesel dan fuelcell berbahan bakar  hydrogen
            Namun, motor hibrida belum bisa menggantikan motor bahan bakar karena harganya yang masih melangit, disebabkan bahan pembuatan yang terbilang mahal dan langka.Kita hanya dapat berharap beberapa tahun kedepan motor hibrida dapat tercipta dengan bahan yang semakin murah , efesien dan semakin ramah lingkungan.
            Berungtungnya di Indonesia yang memakai motor listrik dan hibrida tidak memerlukan STNK dan BPKP motor itu sesuai dengan persetujuan badan perhubungan dan kepolisian.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEGANGAN (YIELD)

Pitting, Intergranular dan Selective Corrosion.

tool steel (baja perkakas)