Dampak Buruk Teknologi



Tidak bisa dipungkiri kita berada di zaman global, zaman di mana informasi beredar begitu cepat, luas dan kapan saja.Global telah membuat manusia terus memikirkan bagaimana melanjutkan hidup dengan nyaman seiring dengan umur bumi yang semakin tua dan dalam keadaan alam yang bisa berubah – ubah kapan saja.Maka terciptalah berbagai teknologi , dari yang biasa sampai yang canggih ,dari yang murah hinggah mahal, dari yang unlimited sampai yang limited edition. Namaun seiiring dengan hal demikian membuat manusia semakin lupa akan sesuatu hal yang lain yaitu kesehatannya, waktunya ,hingga hidupnya.Di sinilah kita membahas beberapa dampak dari teknologi terutama yang merugikan diri kita sendiri.
1.       Handphone
Handphone atau telepon tangan adalah sebuah telepon yang dapat di bawa-bawa tanpa memakai kabel.Tentu semua masih berpikir bagaimana sebuah suara dari tempat yang jauh dapat didengar oleh yang berada di tempat lain.Dari keteknologian ini bukan saja manfaat yang didapat namun beberapa dampak buruk bagi kita antara lain:
·         Bagi pemakainya remaja dini, akan menimbulkan kejahatan bagi dirinya
·         Gelombang elektronegatifnya dapat membuat alat vital dalam tubuh terganggu dan dapat menyebabkan kerusakan kronis.
·         Radiasi handphone dapat memperlemah  pembuluh darah di otak dan dapat menyebabkan kanker otak.
·         Baterai HP yang tidak terawat dapat menyebabkan ledakan yang berbahaya.
·         Dapat merusak DNA pada tubuh.
Maka dari itu produsen Handphone harus memiliki sertifikat SAR(Specific Absorbtion Rates) dari FCC(Komisi Komunikasi Federal) baru dapat menjual produknya.SAR pada HP harus memilki intensitas yang rendah.
2.       Komputer
Komputer adalah salah satu penemuan teknologi yang maha penting  untuk menunjang berbagai pekerjaan manusia yang semakin rumit dari hari ke hari.Komputer memiliki beberapa dampak negative mulai dari penggunaannya sampai fungsinya.
·         Cahaya pada layar computer yang tidak diatur dapat menyebabkan mata rusak.
·         Komputer dengan monitor tabung lebih cepat menggangu pencahayaan mata, direkomendasikan memakai layar lcd.
·         Terlalu lama di depan computer membuat punggung dan otot pegal, apalagi jika penataan perangkat computer tidak sesuai aturan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEGANGAN (YIELD)

Pitting, Intergranular dan Selective Corrosion.

tool steel (baja perkakas)